P0117 Engine Coolant Temperature Sensor Circuit Low



DTC P0117-ENGINE COOLANT TEMPERATURE CIRCUIT LOW


Teory Operasi


Engine Coolant Temperature (ECT) sensor adalah salah satu sensor yang bersifat Negatif temperature Coefficient (NTC) yaitu apabila temperatur mesin naik resistan menurun. Tegangan referensinya adalah 5 Volt yang di supply oleh PCM sebagai sinyal. Ketika mesin dingin, PCM akan beroperasi dalam siklus open loop, ini akan menuntut campuran udara dan bahan bakar yang sedikit lebih kaya atau boros, hal ini dicapai sampai suhu beroperasi normal.

PCM menggunakan input dari ECT sensor untuk perhitungan berikut :
  • Pulse Width Modulasi (PWM) ke Injector.
  • Spark Advance Curve (SAC).
  • ASD relay shutdown.
  • Idle Air Control (IAC).
  • Pulse Width Prime (PWP) selama mesin di starter.
  • O2 sensor close loop.
  • Purge solenoid on/off.
  • EGR solenoid on/off (jika dilengkapi).
  • Leak detection pump operasi (jika di lengkapi).
  • Fan Radiator on/off.
  • Target idle speed.

Saat Terjadi DTC P0117 Engine Coolant Temperature Sensor Circuit Low

  • Ignition ON.
  • Battery voltage di atas 10.4 V.

Kondisi

  • Input tegangan ECT sensor di bawah nilai minimum.

Tindakan

  • Mulfunction Indicator Lamp (MIL) atau Indikator Cek engine nyala.
  • Indikator Electronice Throttle Control (ETC) nyala.
  • Input Throttle dan kecepatan kendaraan akan di batas.

Penyebab Kemungkinan  dari DTC P0117 Engine Coolant Temperature Sensor Circuit Low

  • ECT signal short ground.
  • ECT signal short to sensor ground or short together.
  • Engine Coolant Temperature (ECT) sensor.
  • Powertrain Control Module (PCM).

Langkah langkah pengecekan

Step 1. Cek DTC aktif

1. Start mesin dan biarkan beroperasi mencapai temperatur normal.
      
Perhatian : Ketika mesin beroperasi, jangan dekat dan berdiri sebaris langsung dengan kipas. Jangan meletakan tangan anda dekat puli, tali kipas, dan jangan memakai pakaian longgar. Mengabaikan instruksi ini bisa mengakibatkan cedera fatal.

Catatan : Apabila ditemukan DTC yang berhubungan dengan system pengisian, silahkan diagnosis dan perbaiki sebelum melanjutkan test ini.
    
2. Gunakan alat scan dan lihat DTC.

Apakah DTC aktif ?

Ya, lanjutkan ke step 2.

Tidak, lakukanlah pengecekan PCM intermittent kondisi.

Step 2. Cek voltage ECT sensor

1. Putar kunci kontak ke posisi off.
2. Lepaskan konektor harnes ECT sensor.
3. Putar kunci kontak ke posisi on, mesin tidak hidup.
4. Gunakan alat scan lihat voltage ECT sensor di data tab scanner.
   
Catatan : Tegangan sensor harus sekitar 5 Volt (plus-minus 1 Volt) pada saat konektor dilepas.

Apakah di alat scan menampilkan voltage seperti catatan diatas ?

Ya, periksa konektor harnes PCM dan ECT sensor harness dari kerusakan atau berkarat. Jika oke, gantilah ECT sensor.

Tidak, lanjutkan ke step 3.

Step 3. Cek ECT signal short ke ECT sensor ground/shor together

1. Putar kunci kontak ke posisi off.
2. Lepaskan konektor PCM.
3. Ukurlah tahanan antara ECT sensor ground dengan ECT sensor signal di konektor ECT sensor, seperti di gambar di bawah ini.


P0117 Engine Coolant Temperature Sensor Circuit Low

Apakah tahanan dibawah 5 ohms ?

Ya, perbaiki kabel tersebut short together antara ECT sensor ground dengan ECT sensor signal.

Tidak, lanjutkan ke step 4.

Step 4. ECT signal short ground

1. Ukur tahanan antara ground body atau casiss dengan ECT sensor signal di konektor ECT sensor.


P0117 Engine Coolant Temperature Sensor Circuit Low


Apakah tahanan di bawah 100 ohms ?

Ya, perbaiki kabel tersebut short ke ground body.

Tidak, lanjutkan ke step 5.

Step 5. Powertrain Control Module (PCM)

1. Gunakanlah wiring diagram sebagai panduan sebelum mengganti PCM, periksa kembali dari kerusakan konektor antara ECT sensor harnes dengan konektor harnes PCM.
2. Carilah kerusakan kabel seperti lecet, tertusuk, terjepit, membungkuk, mendorong keluar dari vin konektor, rusak atau terminal berkarat.
3. Lakukanlah instruksi atau arahan apabila ditemukan data data seperti Service Bulletin yang berkaitan dengan DTC ini.

Apakah ada masalah yang ditemukan ?

Ya, silahkan perbaiki.

Tidak, ganti dan programlah Powertrain Control Module (PCM), setelah itu lakukanlah Powertraint verification test.

Test selesai untuk DTC P0117 Engine Coolant Temperature Sensor Circuit Low. Jika problem belum ditemukan setelah mengikuti langkah langkah diatas, silahkan komentar dibawah atau kontak kami segera.
Load disqus comments

0 komentar